Menikmati Tanjakan Super Pedas di Gunung Kencana Bogor

Gunung Kencana Bogor adalah salah satu gunung yang terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung Kencana bukanlah gunung sesungguhnya, melainkan sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 1.802 mdpl, namun tidak kalah akan keindahan alamnya. Gunung Kencana juga menjadi gunung yang belum banyak diketahui oleh wisatawan, khususnya wisatawan yang menyukai kegiatan di alam. 

Perjalanan menuju Gunung Kencana Bogor terbilang sangat menantang. Wisatawan yang ingin menuju puncak Gunung Kencana, harus terlebih dahulu masuk melalui Kawasan Wisata Telaga Warna yang terletak di Cisarua, Kabupaten Bogor. Setelah menemukan pintu masuk, wisatawan akan disuguhi dengan perjalanan yang menantang dan cukup ekstrem. Perjalanan yang ditempuh untuk menuju Gunung Kencana Bogor sekitar 10 km dengan jalan berbatuan tajam dan curam. Adanya kebun teh ditengah perjalanan menuju puncak Gunung Kencana, membuat perjalanan ekstrem menjadi sedikit manis karena wisatawan akan disuguhi oleh hamparan hijau dan luas dari kebun teh. 

Tanjakan Sambalado
Sumber: Muhammad Nuramdani, 2017

Tanjakan super pedas yang berada di Gunung Kencana Bogor diberi nama tanjakan sambalado. Nama ini diberikan karena jalan untuk menuju puncak Gunung Kencana Bogor memiliki tanjakan yang cukup curam. Track yang berada disana sudah ditata sedemikian rupa dengan kayu yang disusun menjadi sebuah anak tangga dengan kemiringan sekutar 45 derajat serta hanya memiliki diameter seukuran tangan manusia dan dilengkapi pegangan di tiap sisi tangga. Tanjakan ini terkenal sukses membuat para pendaki kelelahan saat berjalan melaluinya, karena memiliki jarak tempuh sekitar 100 meter. Ukuran setiap anak tangganya memiliki tinggi sekitar setinggi dengkul orang dewasa, sehingga membutuhkan langkah yang lebar saat melewatinya. 



Tugas Metode Pemasaran Wisata

Komentar